Review THE CONJURING

Ada berapa banyak film yang bercerita tentang rumah berhantu? Jawabannya: Banyak! Ada Insidious, Sinister, Ladda Land (film Thailand), dan termasuk film yang bakal gue review ini: THE CONJURING. Sedikit informasi aja, film ini merupakan film yang diangkat dari kisah nyata, adaptasi dari salah satu kasus terkenal dan paling sulit yang dialami oleh sepasang paranormal (The Warrens).




Ceritanya tentang keluarga perron yang terdiri dari ayah -Roger Perron-, ibu -Carolyn Perron- dan lima anak perempuannya -Andrea Perron, Nancy Perron, Christine Perron, Cindy Perron, April Perron-. Sejak mereka mendiami sebuah rumah baru, teror-teror dari 'mahluk lain' pun bermunculan. Oleh karenanya, mereka memutuskan untuk meminta bantuan pada sepasang paranormal bernama Ed dan Loraine Warrens untuk melihat ada apa dalam rumah tersebut. Dan, mereka menemukan hal yang lebih mengerikan dan bisa membahayakan nyawa siapapun.

Cerita yang begitu klise di atas ternyata bisa dikemas sedemikian rupa menjadi sebuah film horror yang memiliki rating R. FYI, film-film yang berating R biasanya adalah film yang memuat banyak adegan kekerasan, sadis dan adegan dewasa yang terlalu vulgar. Namun lain halnya dengan THE CONJURING. Film tersebut mendapat kehormatan spesial untuk memiliki rating R karena murni tingkat keseraman dan kengeriannya. #clap #clap

Berbeda dengan banyak film horror serupa yang mementingkan kemunculan hantu-hantu, THE CONJURING justru sabar untuk menampilkan sosok hantunya dan malah membiarkan penonton untuk ikut deg-degan bahkan sebelum hantunya keluar.

James Wan, sang sutradara yang kebetulan telah men-direct film SAW dan INSIDIOUS, pintar sekali menempatkan kapan sosok hantu muncul, kapan adegan yang bikin penonton jantungan, kapan adegan yang membuat penonton nyaris stress, dan kapan adegan yang bikin penonton ngakak. #clap #clap

Keseraman film tersebut juga didukung dengan akting epic dari para pemainnya, terutama Vera Farmiga (Orphan, The Departed) yang berperan sebagai Lorraine Warren dan Lily Taylor sebagai Carolyn Perron. Oh iya, jangan lupakan sosok Christine Perron yang dimainkan secara cantik oleh si cantik Joey King (The Dark Night Rises, White House Down) yang udah bikin penonton ikut ngerasain ketakutan seperti apa yang dia rasakan dan sosok gaib apa yang dia lihat di balik pintu kamar.


Pengambilan gambar yang diputar-putar juga bikin filmnya nampak lain tapi awesome. Belum lagi sound dan scoring yang 'kurang ajar' banget creepy-nya. Bayangin deh, suara ketukan pintu aja bisa bikin jantung kayak diketuk-ketuk. Dan..., err... sebenarnya gue nggak mau ngebahas si Annabelle, tapi gimana lagi, sosok boneka itu yang bikin gue rada parno (dikit) setelah tau kalau boneka itu ternyata beneran ada.

Dan kalau gue ditanya 'apa yang paling memorable dari film THE CONJURING?' Gue cuma jawab dengan dua tepukan tangan #clap #clap.

Pokoknya yang belum nonton, buruan nonton dan rasain orgasme kengerian yang creepy creepy gimana gitu (Fatin banget).



NB: Yang bilang 'biasa aja' setelah nonton film ini adalah mereka yang bener-bener berani dan mereka yang sok berani #ups.


Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer