5 Adegan Seram Paling Memorable dalam Film-Film Horror Indonesia

Iya, kali ini gue pengen nge-share kedemenan gue dalam menonton film, terutama film-film horror. Tapi karena gue nggak cukup skill dalam menulis review film, gue nge-share yang lain aja ya (yang penting masih ada hubungannya sama film).

Mungkin para penikmat film Indonesia udah pada paham benar gimana image film-film horror Indonesia yang kadang bisa dibilang -cukup memprihatinkan-. Pocong, kuntilanak, suster ngesot, seakan di-'eksploitasi' untuk bermain dalam film-film horror yang kacangan. Kayaknya image pocong dan kuntilanak yang awalnya sebagai duo hantu paling bikin parno di Indonesia, udah dirusak oleh beberapa film horror Indonesia yang bisa gue bilang 'nggak banget'. Nggak perlu gue sebutin judul-judul film yang gue maksud, pasti udah pada tau kan?


Anyway, dari sekian banyak horror Indonesia, ada beberapa film horror yang berhasil membuat gue ketakutan (bahkan pernah parno tiap kali pengen ke toilet, hehehe). Kali ini gue nggak akan nge-share tentang film-film horror Indonesia ter-seram, tapi akan nge-share adegan/scene seram yang paling memorable dalam film-film horror Indonesia selama dekade terakhir (menurut gue tentunya)


Courtesy of Google
1. Pocong 2 (2006)
    Sutradara : Rudy Soedjarwo
    Pemain     : Revalina S Temat, Rizty Tagor
 Film yang prekuelnya (film Pocong) nggak lulus sensor karena                 mempertontonkan adegan pemerkosaan yang terlalu brutal/sadis ini, sudah memberikan pengalaman horror bagi gue. Terlebih ketika gue menonton beberapa adegan seram paling memorable saat menonton film ini. Adegan bantal guling yang tiba-tiba berubah menjadi pocong dan adegan di mana seorang cewek (Rizty Tagor) terkurung di dalam lemari bersama dengan pocong, membuat gue menasbihkan film Pocong 2 sebagai salah satu film horror lokal favorit.





Courtesy of Google
2. Tusuk Jelangkung (2003)
    Sutradara : Dimas Djayadiningrat
    Pemain     : Marcella Zalianti, Dinna Olivia
    Mungkin ini adalah film horror pertama yang bikin gue nggak bisa tidur nyenyak berhari-hari. Maklum karena gue nonton film ini ketika gue masih SMP. Adegan seram dari film ini sebenarnya banyak, tapi tetap saja ada yang paling seram dan memorable bagi gue. Gue sampai nggak berani ke mana-mana sendirian tiap kali inget adegan hantu hostes bunting yang tiba-tiba muncul di bioskop, dan adegan ketika hantu anak kecil bernama Turah yang bermain semacam permainan tradisional (gue lupa namanya). Serem banget.





Courtesy of Google
3. Kuntilanak (2006)
   Sutradara : Rizal Mantovani
   Pemain     : Julie Estelle, Evan Sanders
   Gue sampe nonton film ini dua kali gara-gara diajakin sama temen padahal sebelumnya gue udah nonton film ini. Adegan seram menurut gue adalah ketika Sam (Julie Estelle) seperti kesurupan dan menyanyikan durmo pemanggil kuntilanak dan adegan yang menampilkan sosok kuntilanak yang sedang susah payah menyisir rambutnya sambil duduk. Hiiiy...!!





Courtesy of Google
4. Keramat (2009)
    Sutradara : Monty Tiwa
    Pemain     : Poppy Sovia, Migi Paramitha
    Film Indonesia bergaya mockumentary pertama yang gue tonton (dan sepertinya satu-satunya yang gue tonton). Sebenernya sosok penampakan di film ini nggak muncul terlalu sering. Tapi mungkin karena format filmnya emang mockumentary, gue yang nonton serasa sedang melihat kejadian nyata. Adegan seram yang membekas di otak gue adalah ketika sang kameramen (Cungkring) tanpa sengaja menangkap bayangan sesosok pocong. Gue nyampe terlonjak dari tempat duduk gue, padahal sih adegannya biasa aja. Tapi mungkin penempatannya yang pas banget, jadi kagetnya dapet.




Courtesy of Google
5. Rumah Hantu Ampera (2009)
    Sutradara : Rudy Soedjarwo
    Pemain     : Ben Joshua, Nadilla Ernesta
    Sebenernya film ini nggak serem-serem amat. Ya... kayak film horror Indonesia kebanyakan. Tapi ada satu adegan yang paling bikin buluk kuduk gue berdiri. Adegan itu terjadi ketika ibunya Adit yang diperankan oleh Ben Joshua, sedang shalat Subuh di kamarnya. Ternyata beliau nggak shalat sendirian, melainkan ada sesosok hantu perempuan yang jadi makmum di belakangnya. Gokil nggak tuh! Si ibu yang udah ngerasa ada 'sesuatu' di belakangnya, jadi nggak bisa khusu' shalatnya. 

Komentar

  1. Hantu Aborsi lumayan tuh, seengaknya itu film bukan cuma pamer paha sama dada doang.

    BalasHapus
  2. Iya kah? Belom nonton. Happy Salma kan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bro, sama Okan cornelius. Awalnya gue nggak mau nonton karena ada Andy Soraya, secara lo tau sendiri lah... Tapi filmnya ternyata aman.

      Hapus
    2. Tapi dari judulnya ambigu juga ya. Hantunya itu adalah janin yang diaborsi, atau hantunya yang aborsi (mungkin dihamilin ama pocong). Jangan2 kayak film the unborn child. Hantunya itu janin yang digugurkan. Dan anak tokoh utamanya suka 'main-main' sama si janin itu.

      Hapus
    3. Yups, emang kayak gitu ceritanya. Jangan2 plagiat #oops

      Hapus
    4. Kayaknya nggak deh. Soalnya Hantu Aborsi releasenya lebih dulu dari The Unborn Child

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer